Waspada Penipuan Call Centre Palsu, Berikut Kiat-Kiat Agar Terhindar Dari Modus Penipuan Yang Mengatasnamakan Perbankan

8 November 2021 | Literasi Syariah Bank Syariah Indonesia

Bagikan:   
facebook twitter wa
Thumbanail Edukasi

Modus penipuan di era saat ini sangatlah beragam. Taukah Sahabat tentang modus penipuan berkedok call center bank palsu yang ada di media sosial maupun melalui website palsu yang ada di Google guna mengelabuhi nasabah untuk melakukan transaksi baik di ATM maupun di Mobile Banking?

Sebagai informasi, penipuan call center palsu ini banyak menyasar ke nasabah yang kurang paham akan informasi tentang layanan call centre resmi dari suatu bank. Rata-rata dari mereka mengalami modus penipuan ini dengan berbagai pola seperti kartu ATM yang tertahan / stuck dan tertelan di mesin ATM, penipuan berkedok untuk melakukan transaksi transfer melalui Mobile Banking, maupun modus mendapatkan undian berhadiah yang mewajibkan nasabah untuk melakukan transfer uang terlebih dahulu.  Yuk baca informasi ini dan kenali tentang langkah agar tak menjadi korban modus penipuan tersebut.

Kenali Modus Penipuan Call Centre Palsu

Strategi modus penipuan secara umum yang perlu Sahabat ketahui adalah penipuan  yang mencantumkan nomor call centre PALSU baik melalui modus membuat akun media sosial palsu maupun membuat website yang mengatasnamakan tentang call centre resmi suatu bank.

Sasaran penipuan umumnya adalah masyarakat yang kurang teredukasi tentang informasi resmi layanan call centre maupun program yang sedang dijalankan oleh suatu bank. Sehingga menyebabkan beberapa masyarakat percaya tentang call centre PALSU ini dan mengakibatkan melakukan transaksi ke rekening penampung milik tersangka penipuan baik melalui ATM maupun Mobile Banking.

Contohnya seperti di artikel berita republika.co.id, Kepala Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menjabarkan teknis penipuan.

Penipu sengaja memasang jebakan berupa ganjalan di mulut ATM dengan biji plastik yang dimodifikasi sehingga mulut ATM dapat menahan kartu yang masuk. Akibatnya, kartu ATM  tidak bisa masuk secara full dan tidak bisa pula keluar karena terganjal. Otomatis korban menjadi panik dan menghubungi nomor call center palsu yang telah ditempel pada mesin ATM. Korban pun melaporkan kartu ATM-nya tersangut atau tertelan ke nomor tersebut, dan hendak memblokir kartunya.

Sementara itu, penipu yang berpura-pura sebagai orang dari pihak call center meminta data-data bank yang bersifat pribadi sebagai syarat pelaporan. Data yang diminta antara lain nomor kartu ATM dan PIN ATM. Selepas korban pergi, penipu beraksi menguras semua uang di rekening korban dengan cara mentransfer ke rekening penampung hingga tarik tunai. Korban pun tersadar bahwa ia tertipu setelah uang di rekeningnya terkuras habis.

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menghindari Modus Penipuan Ini ?                                                                         

  1. Cari tahu tentang informasi layanan call centre resmi baik melalui website resmi suatu bank maupun media sosial bank tersebut
  2. Jangan berikan data pribadi saat dihubungi oleh call centre PALSU
  3. Bila sudah terjadi hubungi pihak bank terkait agar nomer rekening Sahabat di blokir terlebih dahulu maupun lapor kejadian tersebut kepihak kepolisian terdekat

Selalu Waspada dan Update Informasi

Dimanapun Sahabat Bank Syariah Indonesia berada, harap selalu waspada dan berhati-hati ketika transaksi di mesin ATM maupun Mobile Banking. Kejahatan bisa dihindari jika Sahabat senantiasa mawas diri dan selalu update diri Sahabat dengan informasi perbankan terkini. Bila Sahabat mengalami kejadian janggal ketika di mesin ATM maupun transaksi aneh melalui Mobile Banking, segera laporkan ke petugas keamanan dan hindari melakukan transaksi di mesin ATM maupun Mobile Banking tersebut.

Informasi Resmi Bank Syariah Indonesia

  1. Call Centre Bank Syariah Indonesia: 14040
  2. Instagram : @banksyariahindonesia l @lifewithbsi l @bsimobile
  3. Facebook: Bank Syariah Indonesia
  4. Twitter: @bankbsi_id l @bsihelp
Edukasi Syariah Terbaru
Thumbanail Berita

8 November 2021 | Literasi Syariah Bank Syariah Indonesia

Waspada Penipuan Call Centre Palsu, Berikut Kiat-Kiat Agar Terhindar Dari Modus Penipuan Yang Mengatasnamakan Perbankan

Bank Syariah Indonesia (BSI)

Thumbanail Berita

16 Febuari 2021 | Literasi Syariah Bank Syariah Indonesia

Istilah Keuangan Syari'ah

“Tunaikanlah amanah (titipan) kepada yang berhak"

Thumbanail Berita

11 Febuari 2021 | Literasi Syariah Bank Syariah Indonesia

Prinsip Operasional dan Pendekatan Hukum

Prinsip operasional bank syariah

Thumbanail Berita

8 November 2021 | Literasi Syariah Bank Syariah Indonesia

Waspada Penipuan Call Centre Palsu, Berikut Kiat-Kiat Agar Terhindar Dari Modus Penipuan Yang Mengatasnamakan Perbankan

Bank Syariah Indonesia (BSI)

Thumbanail Berita

16 Febuari 2021 | Literasi Syariah Bank Syariah Indonesia

Istilah Keuangan Syari'ah

“Tunaikanlah amanah (titipan) kepada yang berhak"

Thumbanail Berita

11 Febuari 2021 | Literasi Syariah Bank Syariah Indonesia

Prinsip Operasional dan Pendekatan Hukum

Prinsip operasional bank syariah

Thumbanail Berita

8 November 2021 | Literasi Syariah Bank Syariah Indonesia

Waspada Penipuan Call Centre Palsu, Berikut Kiat-Kiat Agar Terhindar Dari Modus Penipuan Yang Mengatasnamakan Perbankan

Bank Syariah Indonesia (BSI)

Thumbanail Berita

16 Febuari 2021 | Literasi Syariah Bank Syariah Indonesia

Istilah Keuangan Syari'ah

“Tunaikanlah amanah (titipan) kepada yang berhak"

Thumbanail Berita

11 Febuari 2021 | Literasi Syariah Bank Syariah Indonesia

Prinsip Operasional dan Pendekatan Hukum

Prinsip operasional bank syariah