Pakai e-statement

8 Juni 2022 | Informasi Produk Digital Banking

Bagikan:   
facebook twitter wa

SYARAT DAN KETENTUAN E-STATEMENT
PT BANK SYARIAH INDONESIA, Tbk.
 

 

A.      Definisi

1.     Bank adalah PT Bank Syariah Indonesia, Tbk.

2.     E-Statement adalah informasi mutasi rekening nasabah yang dikirimkan oleh Bank melalui email

3.     Nasabah adalah pihak yang menggunakan jasa Bank dan memiliki rekening pada Bank tersebut

4.     Rekening adalah catatan semua transaksi keuangan yang memuat data keluar masuknya keuangan

5.     Ziswaf adalah Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Waqaf

 

B.      Permohonan e-Statement

1.       Nasabah yang melakukan pembukaan rekening via online secara otomatis akan mendapatkan layanan e-Statement

2.       Nasabah eksisting yang ingin mendapatkan layanan e-Statement dapat mengajukan pendaftaran melalui BSI Mobile

3.       Permohonan e-Statement akan di proses oleh Bank selama identitas Nasabah yang mengajukan sesuai data yang tercatat di Bank

 

C.      E-mail

1.       Nasabah wajib mendaftarkan dan menggunakan alamat email milik Nasabah sendiri

2.       Nasabah wajib memastikan bahwa alamat email yang diberikan Nasabah adalah valid dan aktif serta dapat menerima email dengan attachment dalam bentuk PDF yang akan dikirimkan oleh Bank

3.       Bank tidak bertanggung jawab atas kebenaran alamat email yang diberikan oleh Nasabah

4.       Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul dan dengan ini membebaskan Bank dari segala tuntutan, klaim, gugatan, dan atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apapun sehubungan dengan hal-hal sebagai berikut:

a.        Pengiriman e-Statement dan atau informasi lainnya ke alamat email Nasabah yang terdaftar di Bank

b.       Alamat email yang diberikan Nasabah atau kuasanya tidak valid, tidak aktif, atau tidak dapat menerima email yang dikirimkan oleh Bank

5.       Keamanan informasi atau data yang dikirim oleh Bank ke alamat email yang diberikan Nasabah atau kuasanya bukan merupakan tanggung jawab Bank

6.       Nasabah dapat mengajukan perubahan alamat email melalui BSI Mobile

7.       Alamat e-mail yang akan digunakan Bank untuk keperluan pengiriman e-Statement atas transaksi terkait dengan e-statement, dan informasi lainnya terkait dengan e-Statement adalah no-reply@bankbsi.co.id

8.       Bank berhak sewaktu-waktu mengubah alamat e-mail pengiriman dari Bank tersebut di atas yang akan diberitahukan kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun.

9.       Alamat e-mail Bank tersebut di atas hanya diperuntukkan bagi pengiriman e-Statement  maupun informasi lainnya terkait dengan produk serta promo Bank dan tidak dapat menerima e-mail balasan yang dikirimkan oleh Nasabah.

10.   Bank tidak bertanggung jawab atas kebenaran informasi yang diterima Nasabah dari alamat e-mail lain selain dari alamat e-mail pengiriman yang telah ditentukan oleh Bank.

11.   Nasabah wajib mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan agar e-mail yang dikirimkan Bank tidak dianggap sebagai spam

 

D.      Password E-Statement

1.       Nasabah akan menggunakan kata sandi untuk membuka e-Statement (Password). Password yang akan di gunakan yaitu berdasarkan tanggal lahir Nasabah dengan pola sebagai berikut: DDMMYYYY

Contoh: Nasabah lahir tanggal 06 Desember 1999 sehingga passwordnya yaitu 06121999

2.       Nasabah wajib menjaga keamanan Password antara lain dengan cara:

a.        Tidak memberikan Password kepada orang lain

b.       Tidak memberikan akses ke alamat e-mail yang dipergunakan untuk pengiriman e-Statement kepada orang lain.

c.        Menggunakan komputer atau gadget pribadi dalam mengakses e-Statement (tidak menggunakan perangkat yang diakses oleh banyak orang).

 

E.       E-statement

1.       E-statement akan dikirimkan oleh Bank dalam bentuk file PDF sebagai attachment

dari email.

2.       Untuk dapat membuka e-Statement, Nasabah wajib memasukkan Password sesuai tanggal lahir

3.       Isi e-Statement yang dikirimkan terdiri dari 3 komponen yaitu:

a.        Rekening Produk Dana yang di daftarkan e-statement

b.       Portofolio Nasabah dalam 1 CIF

c.        Informasi penyaluran ZISWaF

4.       Nasabah yang tidak menerima e-Statement dalam periode tertentu dapat mengajukan pencetakan Rekening Koran melalui kantor Cabang terdekat

5.       Atas pertimbangan tertentu, Bank berhak untuk tidak mengirimkan e-Statement kepada Nasabah.

6.       Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan tidak dapat diterimanya dan atau tidak dapat dibukanya e-Statement oleh Nasabah karena alasan apapun di luar kesalahan Bank seperti mailbox e-mail Nasabah penuh atau adanya pembatasan tertentu dari administrator e-mail yang didaftarkan oleh Nasabah yang menyebabkan e-statement tidak dapat diterima  atau dibuka oleh Nasabah

 

 

F.       Force Majeure

Nasabah dengan ini membebaskan Bank dari segala tuntutan apapun, dalam hal Bank tidak dapat melaksanakan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, baik sebagian maupun seluruhnya, karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Bank, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, dan kebijakan pemerintah.

 

G.      Pengakhiran Pemberian e-statement

Pemberian e-Statement akan berakhir antara lain jika:

a.           Rekening produk dana ditutup karena alasan apapun;

b.          Nasabah terlibat dalam tindak pidana yang di lengkapi informasi dari pihak Kepolisian Republik Indonesia

 

H.      Ketentuan Lain-Lain

1.           Nasabah dengan ini menyatakan telah memahami sepenuhnya isi dari Syarat dan Ketentuan ini.

2.           Bank setiap saat berhak untuk mengubah, melengkapi atau mengganti Syarat dan Ketentuan ini yang akan diberitahukan oleh Bank kepada Nasabah dalam bentuk dan  melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

3.           Dengan mengajukan permohonan e-statement, Nasabah setuju untuk tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan maupun prosedur yang berlaku di Bank yang mengatur mengenai pemberian e-Statement.

4.           Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan ini, Bank dan Nasabah sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud secara musyawarah untuk mencapai mufakat. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, Bank dan Nasabah dengan ini sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak Bank untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.

 

 

Promo