BI-Fast Solusi Pembayaran Ritel Secara Real-Time, Aman, Efisien, & Tersedia Setiap Saat

21 Desember 2021 |

Bagikan:   
facebook twitter wa
Thumbanail Acara

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat Syariah,

 

Kali ini Bank Syariah Indonesia ditunjuk oleh Bank Indonesia dan beberapa perbankan Indonesia lainnya untuk mempromosikan layanan transaksi ritel BI-Fast. Yuk kenali dulu BI-Fast yang merupakan solusi layanan pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat (24/7)

 

BI-Fast

 

BI-FAST adalah infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat (24/7). Bank Indonesia mengembangkan BI-FAST terutama untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan transfer dana yang lebih efisien, cepat (real-time), daan tersedia setiap saat (24/7). BI-FAST diharapkan dapat memperkuat ketahanan Sistem Pembayaran Ritel nasional dengan menyediakan alternatif terhadap infrastruktur Sistem Pembayaran nasional eksisting.

 

Manfaat BI-FAST bagi industri dan masyarakat

  • Real time 24/7 (real time di level bank dan nasabah serta tersedia setiap saat). catatan : mengikuti jam kantor cabang BSI yang ada di seluruh Indonesia
  • Lengkap (melayani berbagai instrumen dan kanal pembayaran). Seperti bisa menggunakan BSI Mobile, BSI Netbanking, CMS, kantor cabang terdekat.
  • Secure (dilengkapi dengan fitur fraud detection dan Anti-Money Laundering/AML, Countering Financing of Terrorism/CFT).
  • Efisien (penggunaan proxy address sebagai alternatif nomor rekening
  • Transfer manapun tidak hanya menggunakan nomor rekening saja loh tapi bisa pakai nomor handphone dan alamat email

Layanan BI-FAST

 

Keberadaan BI Fast Payment ini akan membuat tarif transfer antar bank jadi lebih murah. Pembiayaan ini jauh lebih efisen dan lebih cepat dibandingkan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang kini dipatok Rp2.900 per transaksi.

Bank Indonesia telah menetapkan batas maksimal nominal transaksi BI-Fast secara bertahap, dengan tahap awal sampai dengan Rp250 juta per transaksi.

 

Skema Harga yang Ditetapkan

  • Harga dari penyelenggara ke peserta sebesar Rp19,- per transaksi
  • Harga maksimal dari peserta ke nasabah sebesar Rp2.500 per transaksi, atau sedikit lebih rendah dari skema harga SKNBI

Untuk FAQ Produk BI-Fast dapat dilihat dibawah ini :